Direction and Location Bahasa Inggris Kelas 6

Direction and Location – Dalam bahasa Inggris, kita menggunakan kata-kata khusus untuk menggambarkan arah dan lokasi. Memahami kata-kata ini sangat penting karena akan membantu kita dalam memberikan dan memahami petunjuk,

menavigasi sekitar tempat baru, dan berkomunikasi dengan orang lain mengenai posisi suatu objek. Artikel ini akan memberikan penjelasan rinci tentang kata-kata dan frasa yang berkaitan dengan arah dan lokasi dalam bahasa Inggris, yang akan sangat berguna bagi siswa kelas 6.

Direction and Location

Kata-kata Arah

  • Utara (North)
    Kata “Utara” digunakan untuk menggambarkan arah menuju kutub utara. Misalnya, “The library is located to the north of the school” (Perpustakaan terletak di sebelah utara sekolah).
  • Selatan (South)
    “Selatan” digunakan untuk menggambarkan arah menuju kutub selatan. Contohnya, “The beach is south of the city center” (Pantai berada di sebelah selatan pusat kota).
  • Barat (West)
    Kata “Barat” digunakan untuk menggambarkan arah ke barat. Contoh penggunaannya adalah, “The park is west of the shopping mall” (Taman berada di sebelah barat pusat perbelanjaan).
  • Timur (East)
    “Timur” digunakan untuk menggambarkan arah ke timur. Misalnya, “The airport is located to the east of the town” (Bandara terletak di sebelah timur kota).

Frasa Lokasi

  • Di depan (In front of)
    Frasa ini digunakan untuk menggambarkan suatu objek berada di posisi depan objek lainnya. Contohnya, “The post office is in front of the supermarket” (Kantor pos berada di depan supermarket).
  • Di belakang (Behind)
    “Di belakang” menggambarkan objek berada di posisi belakang objek lainnya. Misalnya, “The parking lot is behind the building” (Lapangan parkir berada di belakang gedung).
  • Di samping (Beside)
    Frasa “Di samping” digunakan untuk menggambarkan objek berada di posisi samping objek lainnya. Contoh penggunaannya adalah, “The restaurant is beside the movie theater” (Restoran berada di samping bioskop).
  • Di tengah (In the middle)
    “Di tengah” menggambarkan objek berada di posisi tengah antara dua objek lainnya. Misalnya, “The park is in the middle of the two lakes” (Taman berada di tengah dua danau).

Frasa Petunjuk Arah

Frasa Petunjuk Arah

 

  1. Pergi ke kanan (Go right)
    Frasa ini digunakan untuk memberikan petunjuk agar seseorang berbelok ke arah kanan. Contohnya, “Turn right at the intersection” (Belok kanan di persimpangan).
  2. Pergi ke kiri (Go left)
    “Pergi ke kiri” memberikan petunjuk untuk berbelok ke arah kiri. Misalnya, “Take a left turn after the traffic light” (Berbelok ke kiri setelah lampu lalu lintas).
  3. Terus lurus (Go straight)
    Frasa ini digunakan untuk memberikan petunjuk agar seseorang melanjutkan perjalanan tanpa berbelok. Contoh penggunaannya adalah, “Go straight until you reach the roundabout” (Lanjut terus lurus sampai kamu mencapai bundaran).

Menggunakan Peta

Menggunakan peta merupakan cara yang efektif untuk menentukan arah dan lokasi. Berikut adalah beberapa istilah yang umum digunakan dalam peta:

  • Legend
    Legend atau legenda adalah bagian pada peta yang memberikan penjelasan tentang simbol-simbol yang digunakan dalam peta.
  • Scale
    Scale atau skala adalah rasio antara jarak pada peta dengan jarak sebenarnya di dunia nyata. Misalnya, skala 1:100.000 berarti setiap satu unit pada peta mewakili 100.000 unit di dunia nyata.
  • Compass Rose
    Compass Rose atau kompas pada peta menunjukkan arah utara. Biasanya terdapat simbol panah yang menunjuk ke utara.

Latihan

Agar lebih terbiasa menggunakan kata-kata arah dan lokasi dalam bahasa Inggris, berikut adalah beberapa latihan yang dapat dilakukan:

Petunjuk Arah
Berikan petunjuk arah kepada teman atau keluarga menggunakan kata-kata arah dalam bahasa Inggris. Misalnya, “Go straight and then turn left at the second intersection” (Lanjut terus lurus, lalu belok kiri di persimpangan kedua).

Deskripsi Lokasi
Berikan deskripsi tentang posisi suatu objek menggunakan frasa-frasa lokasi. Contohnya, “The supermarket is located behind the bank and beside the school” (Supermarket terletak di belakang bank dan di samping sekolah).

Kesimpulan

Dalam bahasa Inggris, kita menggunakan kata-kata dan frasa-frasa tertentu untuk menggambarkan arah dan lokasi. Memahami kosakata ini penting agar kita dapat memberikan dan memahami petunjuk dengan tepat,

menavigasi dengan baik, dan berkomunikasi dengan jelas mengenai posisi suatu objek. Dengan berlatih menggunakan kata-kata ini dalam percakapan sehari-hari, siswa kelas 6 akan semakin terampil dalam menggunakan bahasa Inggris dalam konteks arah dan lokasi.

Related Posts
Pembagian dengan Bilangan Satu Angka
Pembagian dengan Bilangan Satu Angka

Apakah Anda ingin memahami cara melakukan pembagian dengan bilangan satu angka dengan mudah dan cepat? Artikel ini akan memberikan panduan Read more

Pengertian Gaya Berat
Pengertian Gaya berat

Pengertian Gaya berat adalah salah satu konsep mendasar dalam fisika yang mendominasi pengalaman sehari-hari kita. Ketika kita berbicara tentang "berat" Read more