Simbol Flowchart: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Simbol Flowchart – Flowchart adalah representasi visual dari urutan langkah-langkah atau proses dalam suatu sistem. Simbol-simbol dalam flowchart digunakan untuk menyajikan langkah-langkah secara logis dan mudah dimengerti. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang simbol flowchart, meliputi pengertian, fungsi, jenis, dan beberapa contoh penerapannya.

Simbol Flowchart

Pengertian Simbol Flowchart

Simbol flowchart adalah gambar atau bentuk yang digunakan dalam representasi visual dari urutan langkah-langkah atau proses dalam suatu sistem. Simbol-simbol ini memainkan peran khusus dalam menyajikan informasi secara logis dan mudah dimengerti dalam bentuk diagram. Setiap simbol flowchart memiliki makna tertentu, dan penggunaannya membantu pembuat dan pembaca flowchart untuk memahami alur kerja atau proses yang dijelaskan.

Simbol-simbol ini sering kali mencakup bentuk-bentuk seperti oval, persegi panjang, belah ketupat, dan panah, yang mewakili langkah-langkah atau tindakan tertentu dalam suatu proses. Penggunaan simbol-simbol ini memungkinkan pembuat flowchart untuk menggambarkan secara visual urutan tindakan atau keputusan yang terjadi dalam suatu sistem atau proses.

Dalam pengertian yang lebih luas, simbol-simbol flowchart membantu dalam menyederhanakan kompleksitas informasi, memfasilitasi analisis proses, dan memberikan pandangan visual yang jelas terhadap alur kerja. Dengan menggunakan simbol-simbol yang baku dan diterima secara umum, flowchart menjadi alat yang efektif untuk berkomunikasi dan memahami proses bisnis, pengembangan sistem, atau langkah-langkah lainnya yang melibatkan urutan aktivitas atau keputusan.

Pengertian Simbol Flowchart

Fungsi Simbol Flowchart

Simbol flowchart memiliki beberapa fungsi penting dalam pembuatan dan pemahaman diagram alur atau flowchart. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari simbol-simbol dalam flowchart:

  1. Merepresentasikan Tindakan atau Keputusan
    Simbol flowchart digunakan untuk merepresentasikan setiap tindakan atau keputusan yang terjadi dalam suatu proses. Ini membantu dalam menggambarkan urutan langkah-langkah secara jelas dan terstruktur.
  2. Mempermudah Pemahaman
    Dengan menggunakan simbol-simbol visual, flowchart dapat membantu pemirsa atau pembaca untuk lebih mudah memahami alur kerja atau proses. Representasi grafis membantu mengurangi kompleksitas informasi.
  3. Memberikan Struktur Logis
    Setiap simbol flowchart memiliki makna logis tertentu, seperti simbol oval untuk awal atau akhir proses, simbol persegi panjang untuk tindakan, dan simbol berlian untuk keputusan. Ini membantu memberikan struktur yang terorganisir pada flowchart.
  4. Mendukung Analisis Proses
    Simbol flowchart juga digunakan untuk menganalisis proses bisnis atau sistem. Dengan melihat diagram alur, seseorang dapat dengan cepat mengidentifikasi langkah-langkah kritis, keputusan, dan titik-titik penting dalam suatu proses.
  5. Memfasilitasi Komunikasi
    Flowchart adalah alat komunikasi yang efektif. Simbol-simbolnya memiliki arti yang konsisten, sehingga pembuat dan pembaca dapat berkomunikasi dengan jelas tanpa kebingungan mengenai arti dari setiap elemen dalam diagram.
  6. Menggambarkan Input dan Output
    Beberapa simbol, seperti simbol paralelogram, digunakan untuk merepresentasikan input atau output dari suatu proses. Hal ini membantu dalam memahami bagaimana data masuk dan keluar dari suatu langkah atau keputusan.
  7. Memudahkan Pemeliharaan dan Pembaruan
    Dengan menggunakan simbol-simbol standar, flowchart dapat menjadi alat yang mudah diperbarui atau dimodifikasi. Perubahan dalam proses dapat dengan cepat direfleksikan dalam flowchart.

Fungsi-fungsi ini membuat simbol-simbol flowchart menjadi elemen kunci dalam pembuatan diagram alur yang efektif untuk berbagai keperluan, termasuk analisis bisnis, perancangan sistem, dan dokumentasi proses.

Jenis-Jenis Simbol Flowchart

Fungsi Simbol Flowchart

Jenis-jenis simbol flowchart digunakan untuk merepresentasikan langkah-langkah, keputusan, input, output, dan elemen-elemen lainnya dalam suatu proses secara visual. Berikut adalah beberapa jenis simbol flowchart yang umum digunakan:

Oval (Bulatan)

Fungsi: Mewakili awal atau akhir dari suatu proses.
Contoh Penggunaan: Digunakan di awal dan akhir flowchart untuk menandai titik awal atau titik selesai.

Rectangle (Persegi Panjang)

Fungsi: Mewakili tindakan atau langkah-langkah dalam suatu proses.
Contoh Penggunaan: Digunakan untuk menunjukkan aktivitas atau tindakan yang harus dilakukan.

Diamond (Belah Ketupat)

Fungsi: Mewakili keputusan atau cabang dalam alur proses.
Contoh Penggunaan: Digunakan untuk menunjukkan suatu keputusan yang akan mengarah ke langkah-langkah berbeda tergantung pada kondisi tertentu.

Paralelogram (Persegi Panjang Tegak)

Fungsi: Mewakili input atau output dari suatu proses.
Contoh Penggunaan: Digunakan untuk menunjukkan tempat masuknya data (input) atau hasil keluaran (output) dari suatu langkah atau keputusan.

Panah (Anak Panah)

Fungsi: Menghubungkan simbol-simbol dan menunjukkan arah alur proses.
Contoh Penggunaan: Digunakan untuk mengarahkan alur dari satu langkah atau keputusan ke langkah atau keputusan berikutnya.

Circle (Lingkaran)

Fungsi: Mewakili titik penghubung atau penandai khusus dalam proses.
Contoh Penggunaan: Digunakan untuk menandai suatu titik penting atau tempat dimulainya dan berakhirnya suatu alur dalam flowchart.

Terminator (Simbol Akhir)

Fungsi: Menandakan akhir dari suatu proses.
Contoh Penggunaan: Digunakan untuk menunjukkan titik di mana suatu proses atau alur flowchart selesai.

Document (Dokumen)

Fungsi: Mewakili dokumen atau laporan.
Contoh Penggunaan: Digunakan untuk menunjukkan langkah dalam proses yang melibatkan pembuatan atau pengolahan dokumen tertentu.

Database (Basis Data)

Fungsi: Menunjukkan penyimpanan atau pengambilan data dari basis data.
Contoh Penggunaan: Digunakan untuk menandai langkah-langkah yang melibatkan manipulasi data dalam basis data.

Simbol-simbol ini membantu membangun flowchart dengan jelas dan konsisten, memudahkan pemahaman terhadap proses yang dijelaskan dalam bentuk diagram alur.

Contoh Simbol Flowchart dalam Aplikasi Nyata

Flowchart Proses Pemesanan Online

Oval: Mulai/Pemesanan Dimulai
Rectangle: Pilih Barang
Diamond: Apakah Barang Tersedia?
Paralelogram: Masukkan Alamat Pengiriman
Panah: Hubungkan Langkah-Langkah

Flowchart Proses Pengajuan Cuti Karyawan

Oval: Mulai/Pengajuan Cuti Dimulai
Rectangle: Isi Formulir Cuti
Diamond: Apakah Formulir Lengkap?
Paralelogram: Persetujuan Atasan
Panah: Hubungkan Langkah-Langkah

Kesimpulan

Simbol flowchart adalah elemen kunci dalam pembuatan flowchart yang membantu dalam memvisualisasikan dan memahami proses secara lebih efektif. Dengan menggunakan simbol-simbol yang tepat, kita dapat membuat flowchart yang jelas dan informatif untuk berbagai keperluan, mulai dari bisnis hingga pengembangan sistem. Dengan demikian, penggunaan simbol flowchart dapat meningkatkan efisiensi dan pemahaman terhadap proses yang dijelaskan.

Related Posts
Struktur Pidato Pengertian, Tujuan, Jenis-Jenis, dan Contohnya
Struktur Pidato

Struktur Pidato - Pidato adalah bentuk komunikasi lisan yang digunakan untuk menyampaikan ide, gagasan, atau pesan kepada audiens. Pidato dapat Read more

Asking and Giving Opinion Bahasa Inggris Kelas 6
Asking and Giving Opinion

Asking and Giving Opinion - Dalam bahasa Inggris, kemampuan untuk meminta dan memberikan pendapat merupakan keterampilan penting yang perlu dikuasai Read more