Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Di Windows 7, 10

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab mengapa flashdisk tidak terbaca saat digunakan. Dimana sebagian user memang belum mengetahui bagaimana cara mengatasi persoalan seperti ini.

Seperti yang kamu tahu, bahwa Flashdisk sendiri merupakan sebuah alat yang yang bisa menyimpan data. Kemudian metode penggunaan alat ini dilakukan secara eksternal untuk perangkat Komputer.

Namun ada saja kendala yang membuat Flashdisk tidak terbaca saat dikoneksikan melalui port USB. Nah, untuk mengatasinya, silahkan kamu simak ulasan lengkapnya dalam diskusi kali ini.

Mengapa Flashdisk Tidak Terbaca Harus Diperbaiki?

Kita mulai saja diskusi dengan mengupas fungsi utama Flashdisk yang merupakan tool penyimpanan data eksternal. Dimana alat satu ini masih banyak diandalkan oleh pengguna untuk beberapa hal.

Namun terkadang ada saja kendala yang membuat Flashdisk tidak terbaca saat digunakan. Ini kemudian menjadi masalah sendiri bagi pengguna yang menyimpan banyak data penting dalam FD.

Kemudian, para pengguna mencari referensi yang terkait dengan bagaimana cara mengatasi masalahnya. Hal ini disebabkan pentingnya membuka FD saat ingin menginput berbagai data.

Alasan lain mengapa FD harus diperbaiki saat tak terbaca adalah:

• Flashdisk menyimpan data secara permanen = Fungsi utama FD adalah sebagai penyimpan data secara permanen yang digunakan banyak orang. Biasanya dalam FD ada data penting tersimpan dan efektivitas penggunaannya juga sangat mudah.

• Tidak berpengaruh meskipun aliran listrik diputuskan = Menyimpan data dalam FD menjadi satu solusi untuk mempermudah para pengguna. Karena, meskipun FD dibuka dan aliran listrik terputus, maka data akan tetap aman.

• Harga flashdisk sangat terjangkau = Sebagai alat penyimpanan data penting, FD bisa dibeli dengan harga terjangkau. Jadi, kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam saat ingin membelinya untuk menyimpan file dokumen.

Itulah beberapa faktor yang menjadi acuan sebagian user, mengapa harus memperbaiki FD yang tak terbaca. Jadi, wajar jika banyak user yang mencari rujukan tentang bagaimana mengatasinya.

kenapa flashdisk tidak terbaca di komputer

Begini! Cara Mudah Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca

Seperti penjelasan kami di laman atas tadi, bahwa diskusi kali ini mengulas tentang metode mengatasi FD yang tak terbaca. Khususnya bagi kamu yang sedang membutuhkan referensi terkait.

Kami sudah merangkum beberapa metode yang bisa kamu lakukan secara mudah seandainya terjadi miss pada FD kamu. Agar tidak penasaran, silahkan langsung di simak tutorial lengkapnya berikut!

1. Kamu harus menginstal ulang driver USB Windows

Bagi kamu yang menggunakan perangkat Windows dan mengalami masalah FD tak dapat dibaca. Maka kamu bisa melakukan instal ulang pada driver USB perangkat yang kamu gunakan saat ini.

Caranya:

• Pada menu start Windows, silahkan kamu klik kanan.
• Kemudian scroll kebawah dan klik pada pengelola perangkat.
• Lalu scroll lagi kebawah dan tekan dua kali pada opsi pengontrol Universal Serial Bus.
• Jika sudah, klik kanan pada setiap driver lalu klik uninstall device.
• Melakukan restart Komputer agar driver bisa diinstal ulang.
• Proses selesai.

2. Kamu lakukan setting ulang SMC untuk perangkat Mac.

Untuk kamu yang memakai perangkat Mac, dan ingin mengatasi masalah FD tidak bisa terbaca. Maka kamu bisa menyimak tutorial dengan setting ulang System Management Controller atau SMC).

Langkahnya:

• Awali dengan mematikan dulu perangkat Mac dan cabut baterai.
• Lalu tekan dan tahan tombol daya 15 detik.
• Untuk mac jenis shopping mode tekan tombol Shift >> Control >> Option >> Power 15 detik.
• Lanjutkan dengan melakukan penyetelan ulang NVRAM.
• Acak memori akses nonvolatil NVRAM di Mac dengan informasi USB.
• Setting ulang NVRAM untuk memperbaiki USB.
• Lalu restart dengan menekan keyboard Command >> Option >> P >> R bersamaan.
• Berikutnya, kamu lepaskan tombol saat terdengar suara bel start up.
• Selesai dan keluar.

Nah, dari dua metode di atas kamu bisa mempelajarinya secara mudah saat membutuhkan referensi. Dengan demikian, kamu tidak akan bingung lagi jika mengalami masalah FD tak bisa terbaca.

Jika kamu sudah mengetahui bagaimana mengatasi masalah terkait, kamu juga harus tahu apa penyebabnya. Lalu apa saja penyebab FD tidak bisa terbaca oleh perangkat Windows atau Mac.

Berbagai Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca

Tentu saja yang mengakibatkan Flashdisk tidak terbaca adalah beberapa kendala yang mungkin tak disadari pengguna. Seperti beberapa penyebab yang umum terjadi di bawah ini!

• Flashdisk palsu

Faktor utama yang menyebabkan FD tidak bisa terbaca oleh perangkat adalah FD palsu. Dimana elemen perangkat FD mudah rusak dan tidak dapat digunakan secara maksimal.

• Salah menyambungkan port

Saat menggunakan FD, maka kamu harus mengkoneksikannya ke port USB. Tidak terbacanya FD bisa jadi, karena kamu salah menyambungkannya pada perangkat.

• Terformat

Bisa jadi perangkat FD kamu tidak bisa terbaca oleh perangkat karena tak sengaja terformat. Jadi semua data di dalamnya terhapus dan tak dapat dipulihkan lagi.

• Motherboard

Motherboard juga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa FD kamu tidak bisa dibaca dengan baik. Kamu harus melakukan boot ulang untuk mengatasi masalah seperti ini.

• Port kotor

Masalah lainnya yang menyebabkan tidak terbacanya FD pada perangkat adalah kotoran. Jadi, kamu harus memastikan sambungan USB pada perangkat atau FD selalu bersih.

• Cabut FD tanpa Eject

Mencabut FD tanpa Eject terlebih dahulu juga menjadi penyebab seringnya FD rusak tak terbaca. Jadi, perhatikan saat kamu mencabut FD harus di Eject lebih dulu.

Kami berharap apa yang sudah dirangkum dalam artikel ini bisa memberikan manfaat yang baik. Khususnya bagi kamu yang sedang mencari referensi terkait mengatasi Flashdisk tidak terbaca. Semoga bermanfaat!

baca juga : Play Store Alternative Android

Related Posts
Cara Top Up Gopay Via Driver Gojek, BCA, BRI, Mandiri
Apa Itu Gopay

ididenpasar.id - Sudah tahu bagaimana cara top up Gopay? Jika belum, maka kali ini kamu sedang berada pada website yang Read more

MyMyMOBA APK Rasakan Keseruan Bermain MOBA Terbaru
MyMyMOBA APK MOD

MyMyMOBA APK - Jika Anda penggemar game MOBA, pasti sudah tidak asing lagi dengan MyMyMOBA. Game yang dikembangkan oleh tim Read more